Header Ads

test

Ini Juara Lomba Foto Mapsi Kemiri 2023!

 TerliputNews - Untuk memeriahkan lomba Mapsi tingkat kecamatan Kemiri tahun 2023, panitia menyelenggarakan lomba foto dengan tema "Mapsiku Keren" yang ditutup pada 15 Agustus 2023. 

Foto diupload di instagram dengan menyertakan hastag #mapsikemiri2023. Peserta bisa dari siswa, guru maupun walimurid yang menceritakan perjuangan mengikuti Mapsi Kemiri baik persiapan, proses maupun pasca lomba. 

Dari lebih dari 20 foto terupload dipilih 3 foto terbaik berdasarkan estetika, tema dan caption yang ditulis. 

Berikut ini daftar juaranya yang mendapat hadiah masing-masing 100 K. 

1. "Mobil Bak"

Foto terbaik pertama berjudul "Mobil Bak" yang dikirim akun anita.lestari86. Foto ini sangat estetik  baik dari komposisi warna, ide cerita maupun caption yang dibubuhkan. Dari segi estetika foto, komposisi warna seimbang didominasi hitam, putih dan biru. Warna sederhana dan tidak norak. Penggunaan unsur bokeh menegaskan fokus yang ditonjolkan pada ekspresi anak yang menaiki mobil tersebut. Foto ini bercerita tentang siswa peserta MAPSI Kemiri 2023 yang sedang melakukan perjalanan pulang dari lomba. Meskipun menaiki mobil bak tapi mereka merasakan kebanggaan yang luar biasa. Nampak satu anak mengacungkan salam metal menandakan kebahagiaan dan keriangan suasana hatinya. Di sisi lain ada teman yang tertunduk lesu, menutupi wajah dengan tangannya menunjukkan kelelahan. Mungkin rasa kantuk  karena diterpa angin spoi-spoi. Anak paling belakang memberi kode tangan mengepal seakan ingin berkata "Kami bisa!" Senada dengan caption yang tersemat "Tidak ada kata gagal selama kita berusaha dan mencobanya". Kalimat penyemangat yang inspiratif.


2. "Sang Juara"

Foto kedua berjudul "Sang Juara" dikirim oleh akun sdnkemiri_purworejo. Foto ini layak mendapatkan apresiasi baik dari teknis pengambilan gambar maupun gagasan yang disampaikan.  Secara teknis gambar diambil dengan sangat cermat mempertimbangkan kesejajaran subyek dan latarnya. Jika dilihat dari ilmu fotografi gambar tersusun dalam garis-garis penunjuk imajiner yang ditunjukkan oleh kekontrasan warna dan posisi subyek. Siswa pembawa piala menempatkan posisi dengan sempurna, 5 siswa di depan posisi duduk dan 2 siswa berdiri di belakangnya. Sepintas nampak ada yang kurang dimana posisi anak tidak seimbang, subyek didepan terlalu ke kiri menyalahi konsep nine grid. Namun, uniknya ketimpangan ini ditambal dengan benda lain yaitu tempat cuci tangan. Sehingga foto yang awalnya timpang menjadi tampil elegan dan malah terlihat artistik. Warna merah, putih, hijau dan biru yang kontras dan cerah semakin memperkuat pesan tentang keberhasilan dan kesuksesan meraih kejuaraan. 
Foto ini makin lengkap dengan caption yang seirama dengan kegiatan MAPSI yaitu tagline "alhamdulillah" yang menegaskan bahwa tidak ada nikmat kecuali datangnya dari Allah SWT. Ungkapan syukur atas raihan SDN Kemiri sebagai juara umum MAPSI Kemiri 2023.  

3. "Penting Usaha"

Foto ketiga berjudul "Penting Usaha" yang dikirim oleh akun hasan_counas. Foto ini lebih menonjolkan cerita yang ada di baliknya. Secara fotografis, gambar tidak terlalu istimewa. Eksposure dan pencahayaan yang minim membuat foto terlihat sederhana. Namun nampaknya pemikiran ini yang justru menjadi basis gagasannya. Kesederhanaan, apa adanya dan jauh dari kepura-puraan menjadi tata nilai yang tidak bisa terbeli dengan apapun. Gambar diambil malam hari, dengan lampu seadanya dan tempat yang tidak dibuat-buat sesuai dengan kenyataan saat mereka berlatih.
Cerita yang ingin diungkap adalah tentang proses latihan siswa menjelang lomba MAPSI. Subyek berpeci sebagai pelatih mengajari anak dengan penuh kesabaran, kedekatan dan kebahagiaan. Senyum yang tersimpul memberi pesan keramahan atas jawaban anak yang nampak terbata-bata seperti sedang kesusahan menghafalkan materi lomba, seakan sang pelatih ingin berkata "nak, tugas kita berusaha, hasilnya kita serahkan pada Allah". Sebuah nilai filosofis yang harus menjadi pegangan hidup, agar anak selalu transenden dan terhindar dari ideologi sekularistik. Latihan tidak hanya bersifat mekanis tapi juga penanaman nilai religius yang sangat bermanfaat bagi kelanjutan mereka di masa mendatang.
Caption "usaha tidak mengkhianati hasil" nampaknya menjadi doa dan "jimat" sakti bagi anak SDN Purbayan 'Brillian' yang sukses menggondol dua emas pada cabang KTI ini sekaligus menempatkan posisi mereka menjadi 3 besar sekolah terbaik peraih medali MAPSI Kemiri 2023. 

Dengan terpilihnya 3 foto diatas maka berakhirlah lomba MAPSI Kemiri 2023 dan bagi pemenang bisa mengambil hadiah di sekretariat lomba di SDN Kemirilor mulai tanggal 19 Agustus 2023 pada jam kerja.